Wednesday, January 12, 2011

Seperti yang kalian tahu, tabel terdiri dari kolom dan baris. Pada tabel data-data di masukkan dalam kombinasi antara kolom dan baris tertentu.
Beberapa baris dan kolom dari tabel bisa di gabungkan untuk membuat tampilan yang sesuai dengan kebutuhan data kita. Pada html semua itu dapat dilakukan, namun tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu bahan - bahan apa saja yang diperlukan dalam meracik sebuah tabel
Untuk membuat sebuah tabel maka susun bahan-bahan tersebut menjadi seperti ini :

  1. <table>
  2. <tr>
  3. <td>baris 1, kolom 1</td>
  4. <td>baris 1, kolom 2</td>
  5. </tr>
  6. <tr>
  7. <td>baris 2, kolom 1</td>
  8. <td>baris 2, kolom 2</td>
  9. </tr>
  10. </table>
Susunan seperti kode diatas akan membuat sebuah tabel sederhana yang berukuran 2 X 2, yaitu 2 kolom dan 2 baris. Sekarang perhatikan karena konsep dari tabel ini cukup sulit namun akan menjadi mudah apabila kalian memperhatikan penjelasan berikut.
Tabel dari html adalah berdasarkan kepada baris atau row. Anggap kamu ingin memasukkan data pada baris pertama kolom pertama maka pertama kali yang kalian harus lakukan adalah membuat sebuah baris lalu setelah itu membuat kolom, baru setelahnya memasukkan data. Apabila kalian ingin memasukkan data pada kolom kedua baris pertama maka kalian harus membuat sebuah baris, kemudian buat kolom pertama, setelah itu buat kolom kedua, baru isi datanya. Jadi intinya baris dulu baru kolom.
<tr> digunakan untuk membuat suatu baris baru. Sedangkan <td> digunakan untuk membuat kolom/data. Supaya gampang mengingatnya, ingat saja huruf belakangnya, tr --> r = row, td --> d = data.
Setelah mengetahui dasarnya, maka selanjutnya kita akan belajar untuk menyatukan 2 kolom pada sebuah tabel. Lihat contohnya dibawah ini, kita akan membuat sebuah tabel dimana terdapat 2 kolom yang digabungkan.
1
2 3
4 5
Lihat, pada baris pertama, kolom pertama dan kedua digabung sehingga isi dari kolom tersebut bisa sepanjang 2 kolom. Biasanya penggabungan kolom seperti contoh diatas digunakan untuk membuat judul dari tabel.
Lalu sekarang bagaimana cara membuatnya agar bisa digabungkan ? Asal kita mengetahui bahan tambahannya hal itu mudah sekali untuk dilakukan. Bahan tambahan tersebut berupa atribut dari <td> yang bernama colspan. Lihat di bawah ini untuk cara penggunaannya.
  1. <table>
  2. <tr>
  3. <td colspan="2">Ini adalah kolom yang digabungkan</td>
  4. </tr>
  5. <tr>
  6. <td>baris 2, kolom 1</td>
  7. <td>baris 2, kolom 2</td>
  8. </tr>
  9. <tr>
  10. <td>baris 3, kolom 1</td>
  11. <td>baris 3, kolom 2</td>
  12. </tr>
  13. </table>
Perhatikan bagian "Ini adalah kolom yang digabungkan", sebelumnya terlihat perintah <td colspan="2"> bukan ? Ini adalah contoh penggunaan colspan. Colspan memerintahkan agar beberapa kolom digabungkan tergantung dari nilai yang dituliskan. Pada contoh diatas nilai tersebut adalah "2" sehingga 2 kolom digabungkan menjadi satu dan hasilnya dapat kalian lihat seperti contoh tabel diatas.
Contoh diatas adalah untuk menggabungkan kolom secara horisontal, namun bagaimana cara menggabungkan kolom secara vertikal? Berikut ini kita akan belajar untuk menggabungkan kolom 2 secara vertikal. Lihat tabel dibawah ini.
1
2 3
5
Perhatikan tabel diatas, kolom 2 dan kolom 4 digabung sehingga kolom 4 nya hilang. Untuk membuat tabel seperti diatas atribut tambahan yang diperlukan adalah rowspan. Mudah bukan mengingatnya? jika masih dalam satu baris kita menggunakan colspan sedangkan apabila pidah baris kita menggunakan rowspan. Dibawah ini adalah perintah yang digunakan untuk membuat tabel seperti diatas.
  1. <table>
  2. <tr>
  3. <td colspan="2">Ini adalah kolom yang digabungkan</td>
  4. </tr>
  5. <tr>
  6. <td rowspan="2">baris 2, kolom 1</td>
  7. <td>baris 2, kolom 2</td>
  8. </tr>
  9. <tr>
  10. <td>baris 3, kolom 2</td>
  11. </tr>
  12. </table>
Sekian cara membuat table pada html.
Sumber : http://klikbelajar.com/pembuatan-situs/html/membuat-tabel-pada-html.php
Categories: , ,

0 komentar:

Post a Comment