Wednesday, January 12, 2011

Hard disk atau bisa disebut juga hard drive, fixed disk, HDD, atau cukup hard disk saja, adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Hard disk terdiri atas tiga bagian
utama,
yaitu piringan magnetik,
bagian mekanis, serta head untuk membaca data. Piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data
, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut. Jenis hard disk bermacam macam, tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kecepatan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data. Jenis interface yang terdapat pada hard disk bermacam-macam, yaitu ATA (IDE, EIDE), Serial ATA (SATA), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data. Misalnya, hard disk SCSI memiliki kecepatan transfer ± 5 MHz, artinya mampu melakuan transfer data hingga 5 Mb per detik.Di antara sekian banyak jenis interface, hanya tiga jenis hard disk yang sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. Hard disk SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang. Sedangkan hard disk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalah jenis SATA.
>>> PATA (Parallel Advanced Technology Attachment)
PATA, Parallel ATA yang lebih umum disebut ATA adalah generasi harddisk yang dikembangkan dari Advanced Technologi Disk Interface. Teknologi harddisk ATA yang terakhir adalah ATA-133 yang memiliki kemampuan transfer data 133 MB/sec dan banyak digunakan untuk desktop atau PC. Saat ini teknologi PATA sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan teknologi SATA.
>>> SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
SATA adalah generasi baru teknologi harddisk pengganti PATA yang diperkenalkan pada tahun 2002. SATA mengadopsi teknologi serial dan arsitektur point to point yang menghasilkan jalur transfer atau bandwidth yang lebih besar dibandingkan PATA. Dari sisi fisik, SATA memiliki dua ukuran harddisk, yaitu yang berdiameter 3.5″ (atau biasa disebut sebagai LFF = Large Form Factor) dan yang memiliki diameter lebih kecil yaitu 2.5″ (atau biasa disebut sebagai SFF = Small Form Factor). Saat ini kapasitas terbesar harddisk SATA tipe LFF adalah 750 GB sementara tipe SFF adalah 120 GB.
Dibandingkan pendahulunya (PATA), harddisk SATA memiliki kelebihan lain, antara lain:
- Konsumsi listrik yang lebih rendah
- Performance yang lebih tinggi, yaitu 150MB/sec (SATA Generasi 1), 300MB/sec (SATA Generasi 2), dan diharapkan SATA generasi selanjutnya mampu mencapai kecepatan transfer 600MB/sec
Tentunya pertanyaan berikut adalah kapankah anda menggunakan harddisk SATA ? SATA adalah pilihan yang tepat untuk PC, desktop, low-end server dan untuk menampung data dan aplikasi yang tidak mission-critical antara lain halaman web statik, file sharing, dan print service. SATA dapat menjadi alternatif lain media backup karena memiliki harga yang cukup murah dan ukurannya yang mencapai 750GB.
Parallel SCSI (Small Computer System Interface)
Parallel SCSI yang lebih dikenal dengan SCSI, pertama kali diperkenalkan sebagai standar teknologi di tahun 1986, telah berkembang dan banyak digunakan untuk server dan storage. Generasi terakhir harddisk SCSI yang diperkenalkan pada tahun 2002 adalah SCSI Ultra320, dengan maksimum kecepatan transfer data 320 MB/sec. Ukuran harddisk SCSI Ultra320 adalah 3.5″ atau lebih dikenal LFF (Large Form Factor).
>>> SAS (Serial Attached SCSI)
SAS adalah pengembangan dari teknologi harddisk parallel SCSI generasi terakhir SCSI Ultra320. Dari sisi performance, SAS memiliki keunggulan dibandingkan generasi Parallel SCSI karena SAS menggunakan teknologi serial dan arsitektur full duplex point to point yang menghasilkan kecepatan 3 Gb/sec (~300MB/sec). Teknologi serial memungkinkan jalur transfer atau bandwidth yang lebih besar dibandingkan teknologi paralel.
Yang unik dari teknologi SAS adalah kemampuan interoperability-nya dengan SATA. Ini memungkinkan sebuah storage dapat ditempati oleh harddisk SAS dan SATA. Keuntungannya adalah IT admin dapat memilih tipe disk yang akan digunakan sesuai dengan aplikasi ataupun kebutuhan yang ada, baik itu SAS, SATA ataupun keduanya, tanpa harus mengganti storage yang sudah dimiliki.
Sama halnya dengan SATA, harddisk SAS juga memiliki dua ukuran fisik, yaitu yang berdiameter 3.5″ (atau biasa disebut sebagai LFF = Large Form Factor) dan yang memiliki diameter lebih kecil yaitu 2.5″ (atau biasa disebut sebagai SFF = Small Form Factor). Saat ini kapasitas terbesar harddisk SAS tipe LFF adalah 300 GB sementara tipe SFF adalah 146 GB.
Kapan saatnya anda menggunakan harddisk SAS ? Seperti halnya harddisk SCSI terdahulu, harddisk SAS dirancang untuk kebutuhan enterprise, yaitu memiliki reliability yang tinggi, performance yang tinggi, dan mampu mendukung operasional akses data 24×7 sepanjang tahun. Dengan kata lain, harddisk SAS adalah pilihan yang tepat untuk data dan aplikasi yang mission-critical.
>>> FC (Fibre Channel)
Teknologi Fibre Channel disk adalah teknologi disk yang terbaik diantara jajaran teknologi disk lainnya. Fibre Channel merupakan teknologi yang banyak diimplementasikan untuk storage kelas enterprise atau high-end storage. Ini disebabkan karena teknologi Fibre Channel memiliki reliability dan performance terbaik dengan kecepatan transfer yang mencapai 4Gb/sec. Teknologi Fibre Channel berkembang dari kecepatan transfer 1Gb/sec kemudian menjadi 2Gb/sec dan saat ini mencapai 4Gb/sec. Saat ini kapasitas tebesar harddisk FC adalah 300 GB.
Karena memiliki performance dan reliability terbaik dengan harga yang mahal, harddisk FC merupakan solusi yang banyak diimplementasikan oleh perusahaan enterprise menengah ke atas untuk data dan aplikasi yang mission critical. Pemanfaatan harddisk FC untuk keperluan enterprise lebih dominan dibandingkan teknologi harddisk lainnya.
>>> FATA (Fibre Attached Technology Adapted)
FATA memadukan teknologi Fibre Channel dengan teknologi harddisk yang memiliki nilai ekonomi tinggi yaitu ATA. Harddisk FATA dengan kapasitas terbesar 500 GB banyak dimanfaatkan untuk solusi enterprise yang low cost dan untuk aplikasi yang tidak mission critical. Ini dikarenakan FATA masih menggunakan harddisk ATA yang memiliki reliability lebih rendah dibandingkan teknologi SCSI atau Fibre Channel, akan tetapi memiliki performance cukup bagus karena mengadopsi interface Fibre layaknya teknologi harddisk Fibre Channel (FC).
Perkembangan teknologi harddisk di atas menunjukkan bahwa harddisk mengalami pertumbuhan yang cukup pesat baik dari sisi kapasitas, jalur transfer, teknologi, fitur dan pemanfaatannya. Tentunya penulis berharap artikel ini memberikan gambaran umum perbedaan harddisk dan sekiranya setiap pembaca dapat memilih tipe harddisk yang tepat sesuai dengan kebutuhan IT dan bisnis.
sumber : http://aio.alloperator.com
>>> Form Factor hard  disk
Perbedaan bentuk dan ukuran pada hard disk atau yang biasa di sebut form factor memiliki karakteristik yang berbeda - beda.
>>> Ukuran  harddisk
>>>3.5-inch
Hard drive 3,5 inch form factor utama untuk PC desktop dan workstation drive server / keras. Meskipun ukuran dari hard drive tersebut relatif besar, mereka menyediakan kapasitas penyimpanan data terbesar. Selain itu, PC desktop dan workstation / server chassis menyediakan lebih dari cukup ruang untuk menginstal hard drive.
>>> 2.5-inch
Notebook pengguna harus akrab dengan hard drive 2,5 inci. Anda dapat menemukan informasi lebih rinci tentang hard drive 2,5-inci hard drive panduan kita membeli notebook. (Link ke panduan Notebook hard drive). Saat ini, drive 2.5-inci ini juga digunakan sebagai penyimpanan perusahaan ini menawarkan tabungan ruang digunakan, mengurangi konsumsi daya dan panas, dan meningkatkan kehandalan juga.
>>> 1.0-inch
hard drive 1.0-inch (disebut oleh Hitachi Microdrive) dirancang untuk elektronik konsumen kecil seperti MP3 player, kamera digital dan PDA. kapasitas saat ini Karena ukuran kecil yang hanya dalam beberapa GBS, tetapi ini sudah merupakan jumlah yang signifikan penyimpanan untuk produk konsumen elektronik genggam.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © Just Fadhlul - Robotic Notes - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -