Thursday, August 4, 2011

Hasil survei yang dilakukan perusahaan konsultan Aptiquant di Inggris menunjukkan bahwa pengguna browser Internet Explorer dari Microsoft memiliki rata-rata IQ lebih rendah dari pengguna browser lainnya, seperti Chrome, Firefox, Camino, Opera, dan Safari. Laporan ini telah memicu kemarahan dari pendukung Internet Explorer dan mengancam Aptiquant ke ranah hukum.
Seperti dikutip BBC News, Selasa (2/8/2011), Aptiquant melakukan penelitian terhadap pengguna browser Internet Explorer, Chrome, Camino, Firefox, dan Safari.
Pada penelitian ini, setiap sukarelawan diminta mengerjakan tes IQ melalui web, kemudian nilai mereka dipetakan sesuai browser yang mereka gunakan. Pengguna Internet Explorer ternyata memiliki rata-rata IQ lebih rendah daripada orang yang menggunakan Chrome, Firefox, dan Safari. Pengguna Camino dan Opera memiliki angka tertinggi.

Peneliti memberikan tes IQ online gratis terhadap lebih dari 100.000 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna Internet Explorer memiliki IQ rata-rata 80. Chrome, Firefox, dan Safari mendapat skor IQ lebih dari 100, sementara pengguna browser Opera dan Camino memiliki nilai "sangat tinggi" yakni 120.
Namun, Aptiquant menekankan bahwa pengguna Internet Explorer bukan berarti memiliki kecerdasan yang rendah. Tidak ada hubungan timbal balik dalam survei ini. "Penelitian itu tidak benar-benar mengatakan bahwa jika Anda memiliki IQ rendah maka kemungkinan besar Anda akan menggunakan Internet Explorer," ujar Leonard Howard, CEO Aptiquant.
Meski demikian, tindakan tersebut dikecam Profesor David Spiegelhalter dari Laboratorium Statistik Universitas Cambridge. Ia mengatakan bahwa Aptiquant telah menggunakan penelitian ini hanya sebagai bentuk sikap skeptis. "Mereka memiliki angka bahwa IQ pengguna Internet Explorer 6 sekitar 80. Saya percaya angka-angka ini tidak masuk akal dan menghina pengguna Internet Explorer," ujar David.
Terkait kecaman dari pengguna Internet Explorer dan mendapat kritik dari Profesor David, Howard mengatakan ia tidak merasa terancam oleh tuntutan hukum."Kemenangan di pengadilan hanya akan memberikan stempel persetujuan dan kredibilitas lebih untuk laporan kami," ujarnya. (BBC)

Sumber utama : www.beritanet.com
Categories: , ,

0 komentar:

Post a Comment