Sunday, May 1, 2011

Ms.excel adalah software pengolah data atau angka, sama hal nya dengan ms.word, cuma , jika ms.word hanya menulis, sedangkan excel, kita menulis, juga bisa mengolah,  mencari hasil nya dan pembuatan grafik.
Ada beberapa Rumus dalam Ms.excel:
SUM, IF, HLOOKUP, Dll




Fungsi "Sum"
Sum guna nya Untuk mencari hasil dari menambahkan, mengurangi,  mengkali atau Membagi
Contoh :
Jika ingin menambah :
Buat beberapa angka yang ingin ditambah kan
Misal kn kita ingin menjumlah kn semua bilangan.1,
-buat pada hasil "=sum(A2:A4)" lalu enter
-hasil nya
Ket :
Yang "A2:A4" bisa di buat manual, atau tahan klik dari cell "A2" sampai "A4"
Jika ingin mengurangi atau mengali :
"=SUM(A2-A4)"
"=SUM(A2*A4)

 Fungsi "IF"
Fungsi if bisa di bilang mudah, dan juga bisa di bilang susah, karena menggunakan fungsi "IF", kita harus mempunyai logika yang benar-benar berjalan.
Contoh klasik misalnya pada saat membuat raport. Kita bisa bikin beberapa kolom berisi nilai per mata pelajaran, lalu dibuat rata-ratanya. Nah, sekarang menentukan apakah pemilik raport ini akan naik kelas atau tidak.
Aturannya, jika rata-rata di atas 6, maka naik kelas, di bawah 6 maka tidak naik kelas. Tentu mudah membuat rumusnya dengan excel. Misalkan nilai rata-rata ada di sel A10, maka rumusnya:

=IF(A10>=6,"Naik","Tidak Naik")
Contoh di atas mungkin terlalu sederhana. Bagaimana jika ada syarat lain, misalnya nilai pelajaran Agama harus di atas 7? Jangan khawatir, excel masih bisa menulis rumus untuk ini.
Anggap lah nilai pelajaran agama ada di sel A2. Maka kita paksa Excel berpikir: sel A10 harus di atas 6. Kalau ya, lihat set A2, harus di atas 7. Kalau ya, berarti naik, kalau tidak berarti tidak naik. Nah, begini cara kita mengajari Excel:

=IF(A10>=6,(IF(A2>=7,"Naik","Tidak Naik")),"Tidak Naik")

Ribet? Ya, memang. Bagaimana kalau syaratnya diperbanyak menjadi 3 atau lebih? Misalnya, selain pelajaran Agama di sel A2, pelajaran Bahasa Indonesia (sel A3) juga harus lebih besar dari 6.
Ada cara lain yang lebih mudah dibaca, pakai operator AND. Perhatikan contoh berikut:

=IF(AND(A2>=7,A3>=6,A10>=6),"Naik","Tidak Naik")

Sekarang kita pakai tambahan AND. Semua syarat di dalam tanda kurung () setelah AND, harus terpenuhi semua, baru dinyatakan Naik, jika salah satu saja tidak terpenuhi, akan dinyatakan Tidak Naik.

 Fungsi "Rank"
Fungsi "RANG" digunakan untuk mencari rangking, seperti dalam pembuatan rapor sekolah, untuk mencari rangking siswa, kita bisa membuat nya dengan ms.excel, kira - kira beginilah tutorial nya :
Contoh:
1. Buatlah table seperti di bawah ini, isi nama siswa, total nilai dengan manual dan kosongkan rangking

 2.Pada cell "C2" atau di bawah tulisan rangking, buat "=rank(B2"...
Catatan : B2 dapat di klik pada cell B2, atau bisa juga ditulis manual.
 3. "=rank(B2..." sambung menjadi "=rank(B2;$B$2:$B$12") Lalu enter
Catatan : "$B$2:$B$12" di dapat kan dengan cara tahan dari cell B2 sampai B12, lalu tekan F4, Untuk mengunci cells tersebut

 Hasil nya anda tinggal menarik nya sampai cell C12

 
Sumber utama : http://sisawaktu.wordpress.com/2008/06/11/fungsi-if-di-excel/

3 comments: